PROPOSAL BUSINESS PLAN
PROPOSAL BUSINESS PLAN
BAVAMAMIS FLANEL
MATA KULIAH
:
IT FOR BUSINESS
DOSEN PENGAMPU
:
NINA LELAWATI
Diusulkan Oleh
Bahroni Chandra 14117884
Eva Melani 14118164
Imam Fauzi 14118394
Intan Kurnia 14118444
Siti Rukmana Sari 14119524
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
JURUSAN EKONOMI SYARI’AH
2017
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami kemudahan sehingga dapat menyelesaikan proposal ini. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikannya dengan baik. Shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yakni Nabi Muhammad SAW.
Proposal ini merupakan salah satu tugas dalam mata kuliah IT For Business. Terima kasih kami sampaikan kepada Dosen Pengampu ibu Nina Lelawati, atas bimbingan beliau. Semoga proposal ini dapat memberikan manfaat kepada para penulis dan pembaca.
Semoga proposal ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun proposal ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun membutuhkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun. Terima kasih
Metro, 10 April 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL 1
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB 1 PENDAHULUAN
Latar Belakang 5
Rumusan Masalah 6
Tujuan Penulisan 6
BAB II ISI
Visi Dan Misi 7
Identifikasi Usaha 8
Ruang Lingkup Usaha 9
Rencana Produk 10
Prospek Usaha 10
BAB III RENCANA PEMASARAN
Analisis Swot 11
Strategi Pemasaran 12
Bauran Pemasaran 13
Media Pemasaran
BAB IV RENCANA PEMODALAN
Biaya Awal 15
Modal Awal 16
Analisis Keuntungan 16
Pengembalian Modal 17
BAB V RENCANA ORGANISASI DAN RESIKO 18
BAB VI PENUTUP 19
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada kesempatan dalam pembuatan proposal ini, yang berkaitan dengan peluang bisnis, kami akan membahas tentang peluang bisnis menggunakan kain flanel.
Kain flanel yaitu kain dengan tekstur lembut dan variasi warna yang banyak menjadikannya populer saat ini. Buktinya, mulai banyak orang yang mencari hasil kerajinan kain flanel sepeti gantungan kunci, bros, tempat tissue, sampul binder dan lain-lain. Minat masyarakat kepada kerajinan tangan kain flanel saat ini sangat tinggi. Hal inlah yang menjadi alasan kami memilih usaha ini, yang mana bisnis flanel ini memiliki prospek yang sangat baik ke depannya.
Usaha ini mempunyai daya peluang besar karena begitu mudah cara pembuatannya. Kelebihan dari usaha ini, yaitu tidak menggangu kegiatan perkuliahan karena waktu pembuatan bisa dilakukan kapan saja dan menggunakan modal yang sedikit tetapi menghasilkan keuntungan yang lumayan.
Target pemasaran ditujukan kepada kaum hawa mulai dari TK,SD,SMP,SMA bahkan mahasiswa dan masyarakat umum. Cara pemasaran bisa dilakukan dengan strategi marketing dari mulut-ke-mulut, maupun sosial media karena menekan biaya marketing yang tinggi, dan lebih efektif.
Ide-ide yang kreatif juga sangat diperlukan agar barang yang dihasilkan tidak monoton. Dilakukan juga inovasi inovasi baru agar daya peminatnya semakin meningkat.
Rumusan Masalah
Bagaimana meningkatkan daya kreativitas dalam mempercantik barang atau benda lain yang disukai agar lebih menarik?
Bagaimana meningkatkan trend dan mode yang banyak disukai konsumen?
Bagaimana menghasilkan kerajinan yang bermutu dengan memaksimalkan kualitas serta kepuasan konsumen?
Tujuan Bisnis
Untuk menghasilkan laba yang dapat menambah uang saku.
Sebagai modal dasar untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan
Memanfatkan Sosial Media untuk memasarkan produk.
BAB II
ISI
Visi dan Misi
Visi
Visi adalah menjadi usaha yang menggagahi pasar dan menjadi produk yang menjadi inspirasi dengan kreatifitas dan berinovasi tinggi dengan menggunakan basis teknologi.
Misi
Misi BAVAMAMIS Flanel adalah meningkatkan produksi dengan mengadakan training kepada teman-teman dan masyarakat, juga mengajarkan untuk dapat memanfaatkan barang yang terpakai. Selain itu, BAVAMAMIS Flanel mengutamakan kepuasan dan tanggapan konsumen terhadap model ataupun kombinasi warna, marketing yang berbasis teknologi, Memberikan keuntungan bagi para partner dan selanjutnya melakukan peningkatan variasi dan inovasi produk serta memperluas pemasaran hingga internasional.
Logo
Identifikasi Usaha
Di era globalisasi saat ini banyak masyarakat yang mengeluhkan kurangnya lahan pekerjaan yang membuat masyarakat sulit untuk mendapatkan penghasilan sedangkan kebutuhan yang harus dipenuhi semakin banyak, dan ternyata hal tersebut tidak hanya dirasakan oleh para orangtua, namun para remaja pun, terkhusus mahasiswa/i juga merasakan hal tersebut. Saat ini banyak para remaja yang hanya dapat mengandalkan orang tua dan mereka hanya tertarik pada segala hal yang berbau instan, mereka tidak sadar bahwa mereka sebenarnya memiliki potensi untuk bisa memanfaatkan waktu luang mereka untuk menghasilkan karya bahkan uang.
Berangkat dari masalah tersebut saya terfikirkan untuk membuat sebuah homes industri yang bergerak di bidang Pernak Pernik, dengan visi “Menjadi usaha yang menggagahi pasar dan menjadi produk yang menjadi inspirasi dengan kreatifitas dan berinovasi tinggi dengan menggunakan basis teknologi”. Mungkin untuk penjualan produk-produk yang di hasilkan di lampung masih sangat kurang, karena melihat letak geografis lampung yang tidak memiliki tempat pariwisata, namun di zaman modern ini dengan banyaknya teknologi komunikasi dapat di manfaatkan untuk sebagai media pemasaran yang dapat memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan, seperti aksesoris dan cendramata lain ke seluruh masyarakat lampung bahkan luar lampung. Jika home industri ini benar-benar dapat dikembangkan, kami yakin bukan hanya dapat memperkenalkan kebudayaan lampung dengan semua hasil kreatifitas yang di buat namun juga dapat membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran.
Produk unggulan yang kami tawarkan disini adalah Bros, Sampul Binder dan kotak tissue, karena sasaran utama produk kami adalah masyarakat umum dan kampus yang banyak menyukai seni dan cinderamata untuk orang yang disayang merupakan salah satu kebutuhan dasar yang di butuhkan.
Ruang Lingkup Usaha
BAVAMAMIS Flanel Ruang lingkupnya dalam kalangan umum dari yang muda sampai yang dewasa dan untuk kalangan mahasiswa/i khususnya di IAIN Metro yang sering menggunakan bros sebagai asesoris jibab dan banyak mahasiswa atau masyarakat yang membutuhkan tempat untuk mempercantik ruangan dengan kreasi kotak tisu fanel atau cinderamata dam banyak lagi kreasi dari BAVAMAMIS Flanel.
Segmen mahasiswa, terutama di IAIN Metro cukup besar, sekitar 7-8.000 orang mahasiswa IAIN Metro aktif. Kami pernah melakukan survei kecil pada 30 mahasiswa tentang persepsi mereka terhadap asesoris-asesoris khususnya bros jilbab yang berbahan dasar kain Fanel atau kreasi yang lainnya dan hasilnya 63% memiliki pandangan positif terhadap produk tersebut.
Selain itu target kami juga terhadap masyarakat Metro yang mencintai seni atau cinderamata unik. Kami memposisikan BAVAMAMIS Flanel dengan slogan “Tampil Cantik BAVAMAMIS Flanel Pastinya”. Slogan ini didesain untuk meyakinkan pasar konsumen mahasiswa yang sibuk dengan berbagai aktivitas. Slogan tersebut mengimplikasikan bahwa BAVAMAMIS Flanel dapat dipahami sebagai cendramata yang tidak hanya berfungsi sebagai trend mode tetapi juga memiliki fungsi tertentu, seperti tas fanel bisa mempermudah masyarakat untuk membawa barang-barangnya dan yang terpenting dapat mengingatkan masyarakat akan pentingnya seni anak bangsa dan mencintai produk-produk bangsa. Dengan BAVAMAMIS Flanel ini kami juga berharap dapat membantu anak muda untuk berkonstribusi keahliannya dengan menciptakan produk trendy. Slogan ini akan ditampilkan pada semua materi pemasaran baik yang offline maupun online.
Rencana Produk
Dalam usaha ini BAVAMAMIS Flanel menawarkan beberapa macam aksesoris yang akan dijual, diantaranya Kotak tisu, Sampul Binder, Bros dan gantungan kunci.
Prospek Usaha
Prospek usaha BAVAMAMIS Flanel ini sangat bagus karena banyaknya minat dan permintaan mahasiswa dan masyarakat umum terhadap kreatifitas kain flanel ini.
BAB III
RENCANA PEMASARAN
Analisis SWOT
Pada tahapan analisis ini perlu dilakukan tentang Analisis kebutuhan yang akan di capai ataupun yang di targetkan pada pembuatan aksesoris yang terbuat dari Kain Flanel ini, yaitu menggunakan Analisis SWOT :
Kekuatan (Strength)
Dalam berbisnis menjualkan aksesoris yang terbuat dari kain Flannel yaitu:
Aksesoris cantik dengan fullcolor menampilkan warna-warna yang indah di pandang, Selain harganya murah dan terjangkau oleh berbagai kalangan.
Model dan Karakter adalah target dalam kreasi yang akan dibuat agar terlihat menrik untuk para konsumen
Kelemahan (Weakness)
Dalam berbisnis menjualkan aksesoris yang terbuat dari kain Flannel yaitu, Banyaknya pesaing yang menampilkan Desain, Gambar yang sedang booming di pasaran.
Peluang (Oppurtunities)
Dalam berbisnis menjualkan aksesoris yang terbuat dari kain Flannel yaitu:
Dengan adanya daya Kreativitas Kelemahan itu menjadi acuan untuk tetap lebih berkreasi.
Pengelolannya cukup mudah mendapat keuntungan.
Link
Lokasi yang strategis yaitu dekat dengan sekolah dan banyaknya anak-anak d daerah ini yang gemar dengan aksesoris.
Ancaman (Threath)
Dalam berbisnis menjualkan aksesoris yang terbuat dari kain Flannel yaitu
Pesaing yang memproduksi hal yang sama semakin banyak jika dilihat dari segi penjualan online.
Daya jual.
Strategi Pemasaran
Segmenting
Kerajinan flanel ini adalah satu kerajinan yang sangat sederhana bermodalkan ketekunan dan kereatif. kerajinan flanel ini manfaat nya sangat banyak seperti bros yang akan mempercantik penampilan berhijab dan gantungan kunci yang membuat penampilan barang terlihat menarik. Kerajinan yang kami hasilkan akan dikembangkan dan dipromosikan kepada masyarakat dan mahasiswa. Produk flanel craf ini dapat digunakan oleh semua usia, dari anak-anak,remaja,maupun dewasa. Kerajinan BAVAMAMIS Flanel ini tidak mempunyai batasan produksi karena dapat dibuat dan dipakai dimana saja. Kami menjual produk flanel craf ini dikota metro dan kampus IAIN Metro.
Targeting
Produk BAVAMAMIS Flanel kami jual kepada mahasiswa IAIN Metro dan Masyarakat Umum.
Positioning
Produk BAVAMAMIS Flanel ini mempunyai bentuk yang unik dan menarik dan harganyapun sangat terjangkau untuk mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Produk kami termasuk produk ringan karena hanya menggunakan bahan-bahan yang sederhana.
Bauran Pemasaran ( Marketing Mix)
Bauran pemasaran yang kami gunakan adalah 4 P yaitu product, price, promotion dan place, yaitu sebagai berikut :
Produt
Jenis produk yang kami jual adalah hasil dari kerajinan tangan yang hanya menggunakan bahan yang sederhana yaitu flanel, dari bahan flanel ini kami menghasilkan produk kerajinan seperti bross, kotak tisu, gantungan kunci, dan lain-lain.
Kami juga menggunakan rancangan produk yang sesuai dengan tingkat kepuasan konsumen. Warna dari bahan flanel ini berbeda-beda, kita sesuaikan dengan bentuk yang akan dibuat dan sesuai dengan keinginan konsumen.
Karena bahan produk kami hanya dari flanel maka produk kami beri nama BAVAMAMIS Flanel. Kami juga memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat umum dengan sebaik mungkinsehingga dapat menarik minat mahasiswa dan masyarakat untuk membeli produk BAVAMAMIS Flanel kami.
Price
Dalam menetapkan harga kami menyesuaikan dengan bentuk dan keunikan serta ukuran produk yang kami hasilkan. Kami menjual produk kami berkisar antara Rp 5.000,- sampai Rp 35.000,- dan kami pun tidak memberikan batasan kredit pada penjualan BAVAMAMIS Flanel karena produk ini dibayar secara cash.
Promotion
Suatu produk akan mudah dikenal oleh masyarakat dengan adanya promosi. Promosi yang kami lakukan ada secara langsung yang berhadapan langsung dengan mahasiswa untuk menawarkan produk.
Kami juga menggunakan media social yaitu via SMS, BBM, Instagram, Facebook dan twitter, agar produk kami lebih dikenal oleh masyarakat umumnya.
Place
Lokasi yang kami jadikan untuk penjualan produk kami yaitu kampus IAIN Metro, selain itu juga kami menyalurkannya ditoko-toko dan warung-warung. Karena cakupan penjualan kami yakni masyarakat umum dan mahasiswa.
Media Pemasaran
Media pemasaran yang kami gunakan adalah media sosial seperti Facebook, Twiter, Instagram, dll
Account
Facebook : bavamamis flanel
Instagram : bavamamis_flanel
Twiter : @bavamamis
BAB IV
RENCANA PEMODALAN
Modal Awal
Sumber dana untuk usaha yang akan dijalankan oleh kelompok kami ini adalah dari dana pribadi. Jumlah anggota kelompok adalah lima orang, maka kelima orang tersebut memberikan kontribusi untuk dimasukkan ke dalam modal awal pembuatan, pemasaran serta penjualan BAVAMAMIS Flanel.
Para anggota penyumbang dana disini diberi peran menjadi pemegang saham sehingga mereka semua bertanggung jawab dalam usaha BAVAMAMIS Flanel. Hal tersebut dapat memberikan tingkat serius yang lebih tinggi kepada seluruh anggota perusahaan BAVAMAMIS Flanel mengingat bahwa seluruh dana anggota dimasukkan kedalamnya sehingga apabila kelompok mengalami kerugian, maka dia pun akan kehilangan dana yang sudah diinvestasikannya tersebut.
Sumber dana
Bahroni Chandra
:
Rp. 15.000
Eva Melani
:
Rp. 15.000
Imam Fauzi
:
Rp. 15.000
Intan Kurnia
:
Rp. 15.000
Siti Rukmana Sari
:
Rp. 15.000
Total sumber dana
:
Rp. 75.000
Biaya Awal
NO
NAMA BARANG
BANYAKNYA BARANG
HARGA
1
Kain Flanel
6
Rp. 30.000
2
Benang
6
Rp. 12.000
3
Dakron
1
Rp. 10.000
4
Jarum
2
Rp. 2.000
5
Gunting
1
Rp. 5.000
6
Manik – manik
12
Rp. 5000
7
Gantungan Kunci
12
Rp. 2.500
8
Cemiti
12
Rp. 2.500
9
Lem
1
Rp. 2.000
10
Lilin
1
Rp. 2.000
11
Korek
1
Rp. 2.000
12
Jumlah
Rp. 75.000
Analisis Keuntungan
Dari bahan-bahan diatas dapat menghasilkan beberapa barang sebagai berikut:
Sampul Binder 1 buah x Rp. 25.000 = Rp. 25.000,-
Kotak Tisu 1 buah x Rp. 35.000 = Rp. 35.000,-
Bros 25 buah x Rp. 5.000 = Rp. 125.000,-
Gantungan Kunci 25 buah x Rp. 5.000 = Rp. 125.000,-
Total = Rp. 310.000,-
Keuntungan yang diperoleh
Pendapatan – Biaya awal = Rp. 310.000 – Rp. 75.000
= Rp. 240.000
Jadi Keuntungan yang diperoleh sebesar Rp. 240.000,-
Pengembalian Modal
Untuk mengetahui Analisa Titik Impas adalah digunakan untuk memperkirakan seberapa cepat modal yang sudah dikeluarkan dalam usaha BAVAMAMIS Flanel ini segera dapat kembali kepada para pemegang saham seutuhnya. Semakin cepat kembalinya modal kepada para pemegang saham, maka semakin bagus investasi dalam usaha BAVAMAMIS Flanel ini.Apabila semakin lama kembalinya modal dalam usaha BAVAMAMIS Flanel ini maka diperlukan untuk berfikir kembali apabila ingin meneruskan usaha tersebut.
Analisa titik impas tersebut adalah:
Pendapatan - modal = Rp. 310.000 – Rp. 75.000
= Rp. 240.000
= Rp. 240.000 / 5
= Rp. 48.000
Jadi, uang para pemegang saham akan kembali dalam jangka waktu tiga hari setelah investasi awal dilakukan ditambah dengan keuntungan yang diperoleh yaitu sebesar Rp. 48.000 per orang.
BAB V
RENCANA DAN RESIKO ORGANISASI
Rencana Organisasi
Dalam suatu bisnis tentunya tidak dapat berjalan lancar tanpa adanya patner, sehingga kami sekelompok ini akan dijadikan patner dalam bisnis, yang mana akan dibagi dan di bentunya struktur organisasi. sehingga, setiap orang mempunyai tanggung jawab dan melaksanakan tugasnya masing-masing. Tetapi, tetap saling membantu antar patner.
Ketua: Imam Fauzi
Bendahara : Intan Kurnia
PJ Marketing : Eva Melani
PJ Produksi : Siti Rukmana Sari dan Bahroni Chandra
Resiko Organiasi
Resiko organisasi ini adalah karena orang-orang yang terlibat dalam bisnis ini merupakan mahasiswa aktif, sehingganya terkadang sulit dalam membagi fokus dan waktu. Dan hal ini yang menyebabkan cemburu sosial antar patner sehingga nya mempengaruhi internal organisasi ini sendiri.
BAB VI
PENUTUP
Demikianlah proposal usaha BAVAMAMIS Flanel ini kami susun, dengan harapan pembuatan usaha berjalan dengan lancar. Pembuatan proposal ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan menambah ilmu tentang kegiatan yang di lakukan.
Kami menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa. Dalam pembuatan proposal usaha BAVAMAMIS Flanel ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal ini kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan proposal usaha BAVAMAMIS Flanel dan kami berharap agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti harapan kami.
Comments
Post a Comment